Minggu, 23 Februari 2014

Rocker 1 November

Hanya bercerita atau sekadar berceloteh saja apa salahnya? Tentu bukan masalah. Sama sekali bukan.
Baiklah, disini saya hanya ingin bercerita tentang sesuatu di balik tanggal kelahiran saya, yaitu tanggal 1 di bulan November. Ya sudah, cukup itu saja. Terus apa istimewanya? Tidak usah khawatir, saya akan berdosa jika seenaknya saja menyuruh anda bertanya pada rumput yang bergoyang. He - he - he.
Well, tentunya di balik tanggal tersebut ada embel - embel yang perlu ku beritahukan, ku beritakan kepada anda. Bukan apa - apa kok, hanya sekadar kebahagiaan atau kebanggaan saja yang ku maksud disini. Bahkan jika itu tidak sama sekali istimewa menurut anda, itu sangatlah berharga bagiku. Apa itu? Ini dia, teruslah baca.

Tentu anda terheran. Sekilas memang tidak ada yang terlihat patut di banggakan dari tanggal tersebut. Tapi jangan salah kaprah. Saya bangga, karena ada beberapa bintang Rock yang juga lahir di tanggal yang sama, 1 November. Bangga lah pasti, jika memiliki hari ulang tahun yang sama dengan para Rokstar dunia. Siapa mereka? Silahkan di lanjut membacanya.


1. Richard John Cyril "Rick" Allen 



    Rockstar yang lahir pada 1 November 1963 ini adalah drummer untuk band rock keras papan atas Inggris Def Leppard. Ia terkenal karena bisa mengatasi amputasi lengkap pada lengan kirinya dan terus aktif bermain dengan bandnya, yang kemudian melanjutkan untuk keberhasilan terbesar yang populer di seluruh dunia. Para fansnya acap kali memanggilnya dengan sebutan Thunder God.
Ketika Allen berusia 14, ibunya menjawab atas namanya untuk sebuah iklan yang berjudul "Leppard loses skins". Iklan tersebut ditempatkan oleh sebuah band bernama Def Leppard yang sedang mencari drummer baru untuk menggantikan Tony Kenning, dan pada tanggal 1 November 1978 (ulang tahun ke-15 nya), Allen bergabung dengan band. Pada tahun 1979, ia di drop out dari sekolah untuk berkonsentrasi pada karir di bidang musik. Pada September tahun itu, mereka membuka penampilan mereka untuk Sammy Hagar di London Hammersmith Odeon dan pada bulan Oktober dan November bermain menunjukkan partisipasi hebatnya bermain bersama band rock papan atas AC / DC. Allen merayakan ulang tahun ke-16 dengan pertunjukan di Hammersmith Odeon. Pada tanggal 14 Maret 1980, band ini merilis album pertama mereka, On Through the Night. Sejak album pertama mereka, Allen masih terus aktif rekaman dan tur dengan band hingga mereka sukses di bidang musik. Tak di ragukan lagi, si Thunder God memang drumer yang handal!
Satu lagi, ia pernah berucap, "If I couldn't play drums it would have destroyed me. If you're thrown in the deep end you swim, and that's basically what I did. I had to do it and with the rest of the band behind me and the encouragement I got from people from all over the world, I knew that I was going to play." Yang artinya, "Jika saya tidak bisa bermain drum itu akan menghancurkan saya. Jika Anda sedang dilemparkan pada ujung yang mendalam saat Anda berenang, dan itulah pada dasarnya apa yang saya lakukan. Saya harus melakukannya dengan anggota band di belakang saya dan dorongan saya dapatkan dari orang-orang dari seluruh dunia, saya tahu bahwa saya akan terus bermain." - Rick Allen (Rockstar 1 November).

2. Daniel Milton "Dan" Peek



    Daniel Milton "Dan" Peek adalah seorang musisi terbaik yang dikenal sebagai anggota band folk rock Amerika (1970-1977), bersama-sama dengan Gerry Beckley dan Dewey Bunnell. Dia juga merupakan pelopor dalam musik Kristen kontemporer. 
Ia lahir di kota Panama, Florida pada 1 November 1950, sementara ayahnya berada di Angkatan Udara AS. Dia pindah ke Inggris pada tahun 1963 dengan keluarganya ketika ayahnya ditugaskan ke basis di London, kemudian bertemu Dewey Bunnell dan Gerry Beckley di London Central Elementary High School.
Peek kontribusi memimpin dan berperan sebagai backing vokal, gitar, bass, keyboard, dan harmonika untuk rekaman mereka selama berkarir di band. Sebagai anggota dari Amerika, Peek menulis / co-menulis empat Top 100 single: "Don't Cross The River", "Lonely People", "Woman Tonight", dan "Today's the Day", yang semuanya ia juga bernyanyi memimpin. "Lonely People" dan "Today's the Day" juga hit nomor 1 di tangga lagu Billboard AC. Peek menyalahgunakan alkohol dan obat lain selama periode tersebut. Pada tahun 2004 ia merilis otobiografi tentang era yang berjudul An American Band:  

Berisi Cerita yang sangat sulit baginya untuk menulis karena kenangan buruk itu dibesarkan.
Lagi - lagi, ada N-a-r-k-o-t-i-k-a! Hebat peek!


3. Richard Roman "Ric" Grech  



    Lahir pada 1 November 1946 dan meninggal pada 17 Maret 1990. Dia adalah seorang musisi rock hebat di Inggris dan multi-instrumentalis. Perjalanannya dalam dunia musik sangatlah panjang berliku dan patut di acungi jempol.
Ia dididik di Corpus Christi RC School, Leicester, setelah mengikuti Sacred Heart Primary School. Ia bermain biola di orkestra sekolah.Grech awalnya mendapatkan pemberitahuan di Inggris untuk menjadi pemain gitar bass untuk grup rock progresif Family. Dia bergabung dengan band ketika itu tindakan hidup sebagian besar berbasis musik blues di Leicester dikenal sebagai Farinas. Ia menjadi bassis mereka pada tahun 1965, menggantikan Tim Kirchin . Family merilis single pertama mereka, "Scene Through The Eye of a Lens" pada bulan September 1967 tentang label Liberty di Inggris, yang membuat band ini masuk ke Reprise Records. Kelompok 1968 album debut Musik di Doll House adalah hit Underground yang menyoroti bakat penulisan lagu dari Roger Chapman dan John "Charlie" Whitney serta suara menusuk Chapman, tapi Grech juga menonjol dengan berirama, gemuruh kerja bass nya pada lagu-lagu tersebut sebagai "Old Songs New Songs" dan "See Through Windows" bersama dengan kemahiran nya pada cello dan biola.Dirilis pada Februari 1969, Family Entertainment, album kedua band itu, merupakan titik balik utama bagi Grech pribadi. Selain bermain bass dan biola, ia menulis tiga album lagu-lagu lainnya: "How-Hi-The-Li", "Face In the Cloud" dan "Second Generation Woman" yang pertama kali dirilis sebagai single di Inggris pada bulan November 1968. Lagu ini menempatkan posisi Grech pada vokal, memimpin Family melalui lirik nakal tentang seorang wanita yang "terlihat baik untuk menangani dari sudut pribadi" dengan pengaturan yang mengingat Beatles itu "Paperback Writer" dan berutang utang yang jelas untuk Chuck Berry. Tellingly, bagaimanapun, semua lagu Grech terkandung referensi obat yang jelas - "How-Hi-The-Li" bertanya-tanya apakah Perdana Menteri China Chou En - Lai "gets high with all the tea in China" - dan pengaruh obat-obatan akhirnya akan mengganggu Grech sepanjang karirnya.
Kembali ke Inggris, Grech mencatat satu-satunya album Blind Faith dengan Eric Clapton, Winwood, dan drummer Ginger Baker, mantan bandmate dari Clapton di Cream. Album debut mereka dianggap sebagai kekecewaan oleh para kritikus. Kuartet tur AS untuk mendukungnya. Clapton kecewa dengan kualitas musik dan pertunjukan, dan Blind Faith akhirnya di berhentikan. Grech dan Winwood tinggal dengan Baker untuk membentuk Angkatan Udara Ginger Baker, sebuah "supergrup" yang juga termasuk Denny Laine pada gitar, Chris Wood  pada saksofon dan flute, dan beberapa musisi lainnya, ketika itu kelompok berakhir, Winwood direformasi Traffic dengan anggota asli Wood dan Jim Capaldi, dan Grech bergabung sebagai bassis mereka.Pada Oktober 1969, antara Blind Faith dan Traffic, Grech merekam dua lagu untuk proyek solo yang belum selesai, "Spending All My Days" dan "Exchange And Mart". Peserta dalam sesi ini di antaranya adalah George Harrison. Pada tahun 1970, ia muncul di album Graham Bond's album Holy Magick. Seperti dalam Family, Grech berlangsung dua album dengan Traffic - Welcome to the Canteen and The Low Spark of High Heeled Boys. Seiring dengan drummer Jim Gordon, Grech menulis hit kecil "Rock N Roll Stew." Obat-obatan, bagaimanapun, tetap masalah, dan Winwood dan bandmates akhirnya memutuskan mereka tidak punya pilihan lain selain memecat dia.Grech tetap aktif, bermain dengan Rod Stewart, Ronnie Lane, Vivian Stanshall dan Muddy Waters. Dia juga bekerja dengan Rosetta Hightower, The Crickets, Bee Gees dan Gram Parsons. Pada bulan Januari 1973, ia tampil di Eric Clapton Rainbow Concert, dan ia bertemu kembali dengan Roger Chapman dan Charlie Whitney ketika duo ini merekam sebuah album pada tahun 1974 setelah Family bubar. Grech adalah salah satu dari banyak tamu khusus pada catatan bahwa yang menyebabkan Chapman dan Whitney untuk membentuk kelompok pejalan kaki. Grech, bagaimanapun, tidak dalam band itu.Grech membuat setidaknya dua upaya, di kabarkan ia memulai grup rock baru pada tahun tujuh puluhan namun keduanya gagal. Selama 1973-1974, ia bermain di salah satu dari banyak versi akhir Buddy Holly backing band The Crickets.Pada tahun 1973 RSO Records merilis satu-satunya album dengan nama sendiri, diakreditasikan ke 'Rick' Grech. Album ini berjudul The Lima Tahun Terakhir. Isinya lagu yang Grech tulis dan rekam ketika masih dalam band Family, Blind Faith, Traffic, Ginger Baker Airforce dan lain-lain antara 1968 sampai 1973.
Grech pensiun dari musik pada tahun 1977 dan pindah kembali ke Leicester. Pada tahun 1990 ia meninggal karena gagal ginjal dan hati pada usia 43, sebagai akibat dari alkoholisme.
 

Begitulah kira - kira yang ku maksud sebagai kebanggaan yang patut ku banggakan. Mereka Rockstar yang hebat, dan lahir pada tanggal 1 di bulan November. Bangga, Gan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar