Kamis, 13 Februari 2014

5 Lagu The Beatles Ternikmat Versi Saya Sendiri



Mungkin kalian seringkali menyebutnya dengan grup band rock. Namun saya malah senang menyebut The Beatles sebagai seniman handal rock. Ya, seniman rock legendaris yang telah berhasil melucuti dunia rock dengan karya - karya agungnya lewat alunan lagu - lagu bertemakan klasik rock. The Beatles dibentuk di Liverpool, Inggris pada tahun 1960 dengan seniman - seniman handalnya: John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Mereka sangat berpengaruh dari era rock. Berakar pada skiffle dan 1950-an rock and roll, The Beatles kemudian bereksperimen dengan beberapa genre, mulai dari balada pop psychedelic dan hard rock, seringkali mengkolaborasikankan unsur - unsur klasik dengan cara yang inovatif.

The Beatles memiliki album - album yang saya jamin tak akan pernah membusuk ataupun punah. Di setiap album pasti berisi lagu - lagu bernuansa klasik rock yang benar - benar original dan kental. Yang saya suka, mereka selalu liar dan berantakan saat memainkan lagu mereka. Tak jarang lagu dari  The Beatles terkesan nakal dan "Awuran". Namun disitu yang menurut saya, itu sangat patut di banggakan. Mereka seolah tak memperhatikan apa - apa di sekitar saat memainkan musik, mereka memainkan musik dengan sangat menikmati. Mungkin itu yang membuat lagu - lagu mereka banyak di nikmati, di lantunkan, bahkan di abadikan. Memang handal.

Tentang lagu - lagu yang pernah mereka geluti, saya pun memiliki cara tersendiri saat menikmatinya. Berikut 5 Lagu ternikmat yang pernah di bawakan oleh mereka versi saya sendiri (dari yang telah saya dengar):


1. Twist And Shout 
     
    Siapa yang tak tahu atau bahkan belum pernah mendengar lagu ini jika memang berani menyebut dirinya sebagai penikmat lagu rock. Suka atau tidak, lagu ini akan tetap menjadi nomor wahid bagi saya. Lagu ini di tulis oleh Phil Medley dan Bert Russell pada tahun 1961, kemudian The Beatles meliput lagu ini di album pertama mereka "Please Please Me". Lagu ini memang sudah mainstream di dunia rock bahkan sampai saat ini. Tapi tetap saja, lagu ini memang sulit di nomor duakan.


2. Rock 'n Roll Music
    
    Andai saya adalah presiden di negara rock, mungkin lagu ini yang akan gunakan sebagai "Anthem of rock country". Lagu ini di tulis oleh ikon Rock 'n Roll, Chuck Berry pada tahun 1957, kemudian The Beatles merilis lagu ini di album "Beatles For Sale" mereka pada tahun 1964. Lagu ini sering saya nikmati ketika saya hendak tidur. Saya akui, ketika pertama kali mendengar lagu ini, saya kurang tertarik. Itu memang mungkin karena saya kurang meresapi suara liar John Lennon yang menggebu saat menyanyikan lagu ini. Saat mendengar lagu ini, saya merasa seperti mendapat pencerahan oleh alam saat mengalami terjang kehidupan. Liar!


3. Dizzy Miss Lizzy
    
    Lagu ini di tulis oleh Larry William pada tahun 1958, kemudian di rilis kembali oleh The Beatles pada tahun 1965 di album "Help!". Lagi - lagi, mereka memainkan lagu ini dengan gaya khas mengguncang mereka. Aroma classic rock yang begitu melekat dan irama yang cepat memang menggugah selera dan membuat saya tak pernah bosan menikmati lagu ini. Serasa ingin cepat berdansa ala '60an.


4. Hey Bulldog
     
   Lagu yang asli di tulis oleh pentolan The Beatles, John Lennon & Paul McCartney ini telah sukses mengguncang dunia rock pada tahun 1969 di album mereka yang berjudul "Yellow Submarine". Entah apa dari lagu ini yang harus saya beberkan kebagusannya, tetapi menurut saya lagu ini memang sangat layak untuk mengisi dan mengiringi setiap kegiatan yang saya lakukan. Musiknya unik, liriknya pun juga unik. Karya - karya dari John Lennon memang selalu menggelitik.


5. Obladi, Oblada
    
    John Lennon dan  Paul McCartney memang tak pernah bosan menciptakan lagu - lagu berembel - embel rock yang unik untuk di minati dan asyik untuk di nikmati. Well, lagu ini mereka tulis di album mereka yang berjudul "The Beatles" pada tahun 1968. Lagu ini mengkisahkan perjalanan cinta dua sedjoli bernama Desmond dan Molly yang berakhir bahagia dengan berumah tangga. Lagu ini memang sangat bertemakan kebahagiaan dan kegembiraan. Dengan mendengar musiknya saja, saya seakan - akan ikut serta merasakan suka cita yang di alami dua sedjoli tersebut. Ah, ada - ada saja.


Sebenarnya masih ada banyak lagu dari The Beatles yang saya kagumi, katakanlah seperti I Should Have Known Better, Don't Let Me Down, Lucy In The Sky With Diamonds, The Night Before, Taxman, dan masih banyak lagi. Tetapi memang hanya 5 lagu tersebut yang saya gilai dan saya dengar setiap hari. Lagu terbaik memang adalah soal selera masing - masing dan tidak afdhol untuk diperdebatkan. Jadi, manakah lagu The Beatles yang menjadi favorit kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar