Jumat, 21 Februari 2014

Thrash Metal



Bicara soal musik memang tak akan pernah ada habisnya, terutama musik metal. Apalagi semakin banyak bermunculan grup - grup band baru berlabel metal, baik yang ada dalam negeri maupun di luar negeri. Musik metal adalah musik yang identik dengan guncangan, tekanan juga ledakan, irama yang tegas, meluruh dan memang di sengaja di tambahi kesan menekan. Lirik  - lirik yang di gunakan pun tidak tanggung - tanggung hebatnya. Saat mendengar musik metal, maka kalian akan merasakan sensasi - sensasi wah yang tak terkirakan sebelumnya. Seakan anda telah di paksa masuk dalam dunia ilusi yang di hasilkan oleh para pemusik metal yang memainkan perannya. Musik metal sendiri memiliki banyak subgenre atau cabang seperti: Heavy metal, Thrash metal, Death metal Black metal, Power metal, Doom and Gothic metal. Jujur saja, saya hanya gemar pada band - band berbasis Heavy dan Thrash saja. Lha terus, bagaimana dengan yang lainnya? Ya tetap suka, tapi tak segila itu.
Baiklah, disini saya akan menjelaskan tentang beberapa Thrasher terbaik menurutku saja. Tentu kalian tak buta dengan aliran Thrash metal jika kalian mengaku penggemar musik metal. Mungkin jika anda pernah berkenan untuk membaca postingan saya sebelumnya tentang "5 Lagu The Beatles Ternikmat Versi Saya Sendiri."
Tentunya anda tahu jika postingan kali ini juga benar - benar menurut versi saya sendiri, atau berasal dari apa yang telah aku ketahui. Jadi, apa yang aku ketahui tentang Thrash metal dan para pelopornya? Tolong baca yang berikut ini.

Thrash metal muncul pada awal tahun 1980 di bawah pengaruh Hardcore Punk dan New Wave of British Heavy Metal, genre ini dulunya sering dikenal sebagai speed metal. Suara yang dikembangkan oleh kelompok thrash lebih cepat dan lebih agresif dibandingkan dengan band-band metal asli dan penerus glam metal mereka. Alunan gitar biasanya dilapis dengan merobek-robek lead. Juga ketukan drum yang meledak - ledak tanpa ampun. Lirik yang di gunakan biasanya mengandung pandangan nihilistik atau berurusan dengan isu-isu sosial. Kalian akan terengah - engah, karena kau akan sulit mencari kesempatan untuk bernafas. Kalian akan merasa seperti habis - habisan di tampar, di lempar bebas, di terjang, dan terhempas setelah menikmati lagu bergenre thrash metal. Memang nikmat dan membunuh! Berhati - hatilah!
Bagaimana tentang sosok - sosok yang dengan sepak - terjangnya telah bergelut dan berhasil mempelopori thrash metal, yang saya kagumi hasil karyanya? Mari baca yang 4 ini:


1. Dave Mustaine (Megadeth) - Kill The King



 
    David Scott "Dave" Mustaine (lahir 13 September 1961) adalah musisi Amerika, paling dikenal sebagai pendiri, gitaris, sekaligus vokalis dari grup band thrash metal ternama dari Amerika yaitu Megadeth, dan mantan gitaris asli untuk grup band heavy metal Amerika, Metallica. Mustaine dianggap sebagai salah satu gitaris heavy metal paling berpengaruh sepanjang masa. Lelaki yang sudah bisa di katakan manula ini terkenal dengan kepribadian yang berantakan, sikapnya yang buas dan agresif, tak suka di atur. Asal - usul dia di pecat dari Metallica pun karena alkoholisme, penyalahgunaan narkoba, perilaku yang terlalu agresif, dan terlibat bentrokan dengan anggota pendiri Hetfield dan Ulrich. Mengapa orang ini ada di daftar paling atas? Ya, bagiku orang ini adalah sosok yang perlu di teladani. Apanya? Ya sifat buasnya. Maksudnya buas, bukan berarti berbahaya bagi siapa saja yang mendekatinya, namun bagiku kebuasan itu sendiri bisa membahagiakan hidup. Dengan menjadi buas, kau tak akan pernah di remehkan oleh siapa pun. Bahkan seorang Raja. Great!

'Kill the King, The King is dead
I am the King, Long live the King
Kill the King, The King is dead

I am the King, God save the King'

Bukan apa - apa, yang di atas itu hanya secuil ayat dari lagu Kill The King oleh Megadeth. Lagu bertemakan pembunuhan ini di tulis oleh Mustaine sendiri pada tahun 2002 dalam album Rude Awakening. Lagunya tegas, meluruh dengan efek gitar, di barengi dengan ketukan drum yang serasi. Membuatku mencandui lagu ini. Maknanya pun dapat ku simpulkan seenakku sendiri. Begini, menurutku, kata "King" yang di maksud oleh si empunya lagu bukanlah Raja yang nyata dalam kerajaannya, melainkan peraturan - peraturan yang di buatnya, yang memuakkan. Jadi tak dapat di ragukan lagi, lelaki tua ini memang sosok pembangkang yang brutal. Menjadi pembangkang memang membahagiakan, menyenangkan dan memuaskan. Brutal!


2. James Hetfield (Metallica) - Fuel




     Sebelumnya mari kita bahas mengenai Metallica, Metallica adalah band metal Amerika berat dari Los Angeles, California. Tempo band ini cepat, instrumental, dan agresif. Mereka adalah salah satu penempat "Big Four" thrash metal bersama Slayer, Megadeth, dan Anthrax . Metallica dibentuk pada tahun 1981 ketika James Hetfield menanggapi sebuah iklan bahwa drummer Lars Ulrich telah diposting di surat kabar lokal. Arus line - up fitur pendiri Hetfield (vokal, gitar) dan Ulrich (drum), kemudian gitaris Kirk Hammett dan Robert Trujillo (bassist), yang bergabung dengan band pada tahun 2003. Anggota sebelumnya adalah gitaris Dave Mustaine, yang kemudian mendirikankan Megadeth, bassist Ron McGovney (demo saja), Cliff Burton (pertama tiga catatan, meninggal pada tahun 1986), dan Jason Newsted. Band ini juga memiliki kerjasama yang panjang dengan produser Bob Rock, yang menghasilkan semua album nya 1990-2003 dan menjabat sebagai bassis temporer antara keberangkatan Newsted dan mempekerjakan Trujillo.
Band ini mendapatkan basis penggemar yang berkembang di komunitas musik underground dan pujian kritis dengan empat album pertama, yaitu Early years (1981–1983), Kill 'Em All and Ride the Lightning (1983–1984), Master of Puppets (1984–1986), dan Burton's death and Garage Days Re-Revisited (1986–1987).
Lalu siapa James Hetfield? James Hetfield adalah sosok paling berpengaruh di grup band ini, kalau bicara soal Dewa 19? Sebut saja sebagai Ahmad Dhani. Kekreatifannya dalam berkarya membuat Metallica terbang menjadi band thrash metal terbaik sepanjang masa. Hetfield lahir 3 Agustus 1963, di Downey, California. Dia adalah seorang keturunan Jerman, Inggris, Irlandia dan Skotlandia. Dia memiliki dua saudara dari pernikahan pertama ibunya dan satu adik perempuan. Dia lulus dari Brea Olinda SMA Orange County pada tahun 1981. Ketika berusia sembilan tahun, ia pertama kali mulai belajar piano, setelah itu ia belajar drum dengan saudaranya Daud dan akhirnya, pada usia empat belas, ia mulai bermain gitar dengan Robert Okner. Ia juga sering Nge-band seperti seorang remaja gila musik pada umumnya. Obsession! Hetfield mengidentifikasi Aerosmith sebagai salah satu pengaruh musik utamanya sebagai seorang anak, dan telah mengatakan mereka alasan dia ingin bermain gitar. Dia juga mengutip Led Zeppelin, Black Sabbath, AC/DC, Motorhead, Thin Lizzy, Ted Nugent, Deep Purple, dan The Beatles sebagai pengaruh penting. Benar - benar sangat berpengalaman bukan?

*Apa lagu yang paling saya gilai dari band yang satu ini?
Jawabannya adalah Fuel! "Fuel" adalah sebuah lagu oleh Metallica. Lagu ini ditulis oleh James Hetfield, Lars Ulrich, dan Kirk Hammett, dan dirilis sebagai single ketiga dari album ketujuh mereka, Reload. Metallica telah sering memainkan lagu dalam konser selama bertahun-tahun, termasuk tahun 1999 album live S&M dengan Michael Kamen melakukan San Francisco Symphony Orchestra. Fuel dinominasikan untuk Grammy Award untuk Best Hard Rock Performance pada tahun 1999 namun kalah dari Jimmy Page dan Robert Plant untuk lagu "Most High." Fuel banyak juga di gunakan sebagai lagu tema berbagai acara, seperti rekap perlombaan untuk siaran NASCAR di NBC dan TNT dari 2001 sampai 2003 musim. Lagu ini saya gilai karena kecepatannya, suara yang meletup - letup. James dan Kirk menggesek gitar mereka dan membuat suara mesin menderu untuk menambah rasa tema lagu tersebut tambah mengena. Kepalamu tanpa sadar akan manggut - manggut dengan sendiri tanpa kau suruh ketika kau menikmati lagu ini. Thrash!  
 

3. Steve Harris (Iron Maiden) - 2 Minutes To Midnight




   
     Stephen Percy "Steve" Harris (lahir 12 Maret 1956) adalah seorang musisi Inggris dan penulis lagu, dikenal sebagai bassist, sesekali keyboardist, backing vokalis, penulis lagu utama dan pendiri British band heavy metal Iron Maiden. Dia adalah satu-satunya anggota dari Iron Maiden yang betah menetap di band sejak awal, bersama dengan gitaris Dave Murray, telah muncul di semua album mereka.
Harris memiliki gaya dikenali dan populer bermain bass, khususnya "berpacu" yang dapat ditemukan pada beberapa rekaman Iron Maiden. Selain perannya sebagai pemain bass band, penulis dan backing vokalis, ia telah melakukan banyak peran lain untuk kelompok, seperti memproduksi dan co-memproduksi album mereka, mengarahkan dan mengedit video langsung dan melakukan keyboard studio dan synthesizer. Dia telah dikutip sebagai salah satu bassist heavy metal terbesar.
Iron Maiden adalah Pelopor dari New Wave of British Heavy Metal band dari Inggris yang dibentuk di Leyton, London timur, pada tahun 1975 oleh bassis dan penulis lagu utama Steve Harris. Discography band ini telah berkembang menjadi tiga puluh tujuh album, termasuk lima belas album studio, sebelas album live, empat EP, dan tujuh kompilasi album.Iron Maiden mencapai keberhasilan awal selama asal 1980-an. Setelah beberapa perubahan line- up, band ini melanjutkan dengan merilis serangkaian platinum dan emas album AS dan Inggris, termasuk 1982 The Number of the Beast, Piece of Mind 1983, Powerslave tahun 1984-an, 1985 live rilis Live After Death, tahun 1986 Somewhere in time dan 1988 Seventh Son of a Seventh Son. Sejak kembalinya vokalis Bruce Dickinson dan gitaris Adrian Smith pada tahun 1999.
Lagu yang paling sering saya nikmati adalah 2 Minutes To Midnight. 2 Minutes to Midnight adalah rilis single pertama dari British band heavy metal Iron Maiden kelima album Powerslave. Dan benar saja, lagu ini dinobatkan sebagai lagu terbaik nomor 25 di Billboard Top Album Tracks dari ratusan lagu. Really great!


4. Kerry Ray King (Slayer) - Angel Of Death




    Slayer juga patut saya acungi jempol kebringasannya, karena gaya musik Slayer melibatkan tremolo picking cepat, double bass drum, riff dalam skala yang tidak teratur dan scream vocal. Dengan line-up, King sebagai bassist, vokalis Tom Araya dan gitaris Jeff Hanneman berkontribusi menciptakan lirik, dan sebagian besar dari musik band diciptakan dan diatur oleh King dan Hanneman, dengan bantuan tambahan dari drummer Dave Lombardo dan kadang-kadang Araya. Lyrics band mencakup topik seperti pembunuhan berantai, necrophilia, Setanisme, agama, anti - agama dan perang, meski telah banyak di kecam, penundaan album, tuntutan hukum dan kritik dari kelompok agama dan masyarakat, mereka tetap bersikeras berkarya dengan girangnya. Musik mereka telah sangat berpengaruh, seringkali dikutip oleh banyak band-band sebagai pengaruh musik, visual dan lirik. Hebat! Tak bermoral!
Sekarang mari bicara tentang sosok Kerry Ray King, Kerry Ray King lahir pada tanggal 3 Juni 1964 di Los Angeles, California. Ayahnya adalah seorang inspektur pesawat, dan ibunya adalah seorang karyawan dari sebuah perusahaan telepon. Ketika ia masih remaja, Kerry mulai belajar gitar di musik Calvano di South Gate Ca. Russ Dismuke adalah gurunya. Kerry pernah belajar di High School di Warren Downey Ca. di mana ia akan bermain selama jam makan siang dan bermain pada akhir pekan di woodstock di Buena Park Ca sebagai Slayer, mereka sering memainkan single - single dari  Black Sabbath, Iron Maiden, Judas Priest dan Kerry memulai karirnya di band penutup Pat Boone. Kerry pindah ke Phoenix, Arizona sebagai orang dewasa. Dia bercerai sekali dan memiliki seorang putri dengan istri pertamanya, istrinya saat ini adalah Ayesha King. Pada tahun 1981 King mencoba untuk posisi sebagai gitaris di sebuah band. Setelah sesi berakhir Jeff Hanneman mendekatinya dan keduanya mulai memainkan lagu dari Iron Maiden dan Judas Priest dengan drummer sesi. King menyebutkan "Mengapa kita tidak memulai band kita sendiri?" Hanneman menjawab, "Fuck yeah...!" King saat ini berada di Corona, California.
Di antara banyak lagu/karyanya, saya memilih lagu Angel Of Death sebagai lagu terberingas versi saya. "Angel of Death" adalah lagu pembuka di Amerika thrash metal band Slayer 1986 album Reign in Blood. Lirik dan musik yang ditulis oleh gitaris Slayer, Jeff Hanneman dan didasarkan pada dokter Nazi Josef Mengele, yang melakukan eksperimen manusia di kamp konsentrasi Auschwitz selama Perang Dunia II. Angel Of Death menyebabkan band ini menghadapi tuduhan bersimpati Nazi dan rasisme sepanjang karir mereka. Meskipun kontroversi seputar lagu dan kontribusinya terhadap keterlambatan dalam rilis Reign in Blood, "Angel Of Death" adalah fitur pelopor pada semua album live Slayer dan DVD dan telah muncul di beberapa film. Lagu ini diterima dengan baik oleh para kritikus. Saya takjub saat mendengar kecepatan/tempo lagu ini. Benar - benar hingar bingar!


Itulah ke - 4 bapak thrash metal yang berpengaruh bagiku, khususnya bagi pribadi saya sendiri. Dan tentunya, mereka selalu berhasil membakar habis seluruh penonton saat sedang manggung. Saatnya angkat topi untuk kalian Pak. Salut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar